July 6, 2012

Bergerak Bukan Berarti Berolahraga

Beberapa dari Anda mungkin akan langsung protes dengan judul "Bergerak Bukan Berarti Berolahraga", karena pasti langsung berasumsi bahwa gerakan adalah bagian dari olahraga. Memang tidak ada yang salah dengan pemikiran Anda, namun judul ini juga tidak salah.
Kenapa?
Olahraga disini berarti olahraga fisik yang benar-benar dilakukan, bukan berdasarkan "perasaan" Anda. Sering terjadi bahwa kita merasa terlalu "lebay" menilai diri sangat aktif. Beberapa merasa kelelahan dengan aktivitas yang telah dijalani seharian sehingga berpikir bergerak dengan sangat banyak di hari itu. Nah pertanyaannya apakah fisik Anda benar-benar bergerak, atau semata otak dan mental Anda yang terfosir dengan pekerjaan sehari-hari.
Saya mengamini apabila orang bilang pekerjaan kantoran yang duduk dan berpikir itu membutuhkan energi yang luar biasa dan menyebabkan tubuh menjadi sangat capek. Namun demikian, kenyataannya adalah secara fisik tubuh tidak bergerak terlalu banyak. Beda apabila Anda bekerja sebagai tukang batu, tentu otot-otot Anda sangat terlatih.


Atau mungkin Anda adalah tipe pekerja yang tingkat mobilitasnya luar biasa tinggi sehingga bergerak dari satu tempat ke tempat lain, tapi di dalam kendaraan seperti mobil, kereta, atau pesawat. Coba tanyakan ke diri Anda sendiri, apakah Anda bergerak secara efektif?
Untuk itu perlu adanya perubahan mindset yang selama ini mengakar pada diri Anda. Apapun alasannya saya meyakinkan bahwa Anda pasti bisa bergerak secara lebih efektif. Ada beberapa tips kecil yang bisa membantu Anda untuk menambah frekuensi gerakan

  1. Apabila Anda terbiasa meminta Office Boy (OB) untuk membuatkan minuman seperti teh atau kopi, cobalah untuk membuat sendiri.
  2. Manfaatkan waktu istirahat untuk pergi keluar mencari makan, jangan hanya titip ke teman atau OB
  3. Tidak ada salahnya Anda berjalan jalan 10 menit keluar ruangan melihat anak buah Anda yang sedang bekerja. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari. Ini merupakan suatu pekerjaan juga bukan?
  4. Bersepeda ke kantor menjadi trendsetter beberapa tahun belakangan ini. Meski mulai memudar, tidak ada salahnya Anda masih tetap setia melakukannya.
  5. Saya sering naik ke lantai 20 kantor saya dengan berjalan kaki. Cobalah Anda lakukan secara bertahap, dan jangan dipaksa karena bisa menyebabkan cedera.


0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes