July 4, 2012

Makanan Diet Sehat untuk Ibu Hamil

Siapa bilang ibu yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk diet? Sepanjang diet itu sehat, maka akan memberi efek positif kepada si ibu dan calon buah hati. Yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi wajib terpenuhi.
Jika Anda merasa bahwa Anda belum memakan dengan sehat, maka lebih penting untuk mulai mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi dengan kadar kalori seimbang.
Makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi pada saat kehamilan antara lain:
1.  Buah-buahan dan sayuran.
Anda dapat membeli buah dan sayuran dalam berbagai bentuk seperti yang masih segar, sudah dibekukan, kaleng, kering atau yang telah dijus. Usahakan Anda mengkonsumsi untuk setidaknya lima porsi setiap hari.
2.  Makanan berkarbohidrat.
Jenis makanan ini termasuk roti, pasta, nasi dan kentang. Cobalah untuk memilih makanan yang terbuat dari gandum.
3.  Makanan kaya protein.
Ini termasuk daging dan ayam, ikan, telur dan kacang-kacangan.
4.  Makanan yang terbuat dari susu.
Ini termasuk susu, keju dan yoghurt, yang mengandung kalsium.

Tubuh Anda akan menjadi lebih efisien pada saat hamil dan membuat pembakaran energi yang berasal dari makanan menjadi lebih baik, sehingga tidak membutuhkan tambahan asupan kalori. Kalori ekstra sebesar 200 kalori hanya dibutuhkan pada saat iga bulan terakhir menjelang kelahiran.
Nafsu makan merupakan alat navigasi alamiah yang dimiliki oleh manusia dalam menentukan kadar makanan yang diinginkan. Ada kemungkinan Anda mengalami fluktuasi  nafsu makan selama kehamilan.
Dalam beberapa minggu pertama kehamilan, nafsu makan Anda mungkin terjatuh secara dramatis dan Anda merasa seperti makan makanan yang kurang tepat, terutama jika Anda mual atau sakit. Di tengah-tengah kehamilan nafsu makan Anda mungkin sama seperti sebelum Anda hamil atau sedikit meningkat.Dan menjelang akhir kehamilan, ada kemungkinan nafsu makan Anda meningkat. Point penting yang wajib diingat adalah makan pada saat merasa lapar untuk mendapatkan gizi mencukupi bagi Anda dan bayi setiap hari.

Namun demikian, Ibu hamil juga harus mewaspadai dan berhati-hati dalam memilih makanan karena makanan yang salah dan tidak sehat dapat berbahaya bagi kandungan. Beberapa makanan yang patut diwaspadai adalah:
1.  Daging mentah
Daging belum matang seperti yang disajikan dalam bentuk steak dapat mengandung virus e.coli dan bakteri toksoplasmosis, sehingga menyebabkan mual dan diare
2.  Keju
Keju seperti penjelasan diats memang dianjurkan, tapi perlu dicermati karena ternyata beberapa jenis keju ada yang mengandung listeria dan itu berbahaya untuk bayi
3.  Makanan seafood
Disarankan untuk menghindari beberapa jenis seafood seperti tiram dan sushi yang belum dibekukan sebelum pembuatan makanan.
4.  Alkohol
Ada baiknya untuk menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol selama kehamilan. Selain itu apabila Anda adalah seorang perokok, ada baiknya untuk dihentikan.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes