November 23, 2012

Asupan sehat pendaki gunung

Pendakian gunung adalah olahraga yang membutuhkan energi dalam jumlah yang banyak. Untuk itu perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tubuh tetap dalam kondisi terbaik. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dibawa saat memulai ekspedisi, ada juga yang dilarang.



Ketika saya masih aktif di dunia pendakian gunung, beberapa makanan ini saya bawa dalam perjalanan. Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan teman-teman dalam berpetualang.

Beras dan Nasi
Membawa nasi lebih baik jika dibandingkan membawa beras, karena akan sangat menghemat waktu, Namun kekurangannya adalah Nasi seringkali terasa seperti nasi es ketika dibawa ke atas gunung. Untuk itu perlu dihangatkan terlebih dahulu. Nasi yang kualitasnya dijaga (buat nya bersih) bisa bertahan hingga 24 Jam.

Roti
Roti paling praktis, walaupun dingin tetap masi enak. Untuk isi nya dapat dipilih sesuai dengan selera masing-masing mulai dari abon, telor goreng (bule banget deh), mentega gula, mentega coklat, atau isi keju.

Mie Instant
Mie instant, ini dia karbohidrat yang cukup digandrungi oleh para pendaki2 malas masak. Mudah, namun bukan pilihan yang baik, karena tidak terlalu menyehatkan

Daging kalengan (maling, kornet, ikan sarden, sosis, )
Daging kalengan biasanya di goreng, tapi kalau kebanyakan bikin selera makan berkurang, karena terlalu banyak minyak.
Disarankan untuk di masak atau direbus sehingga minyaknya tidak terlalu banyak.

Makanan pelengkap (sop jagung instant, coklat, biskuit dan lain2)
Lebih baik membawa makanan pelengkap yang beragam namun porsinya sedikit2, karena biasanya cepat bosan makan snack.

Minuman pelengkap
Rekomendasi dari kita adalah pocari sweat, karena terbukti dapat menggantikan cairan tubuh, Nutri sari juga enak diminum karena asem2 manis, membuat badan terasa segar.
Teh dan kopi juga enak ketika bersantai.

Buah2an juga seru, Alpukat, markisa, strawbery, jeruk, akan membuat badan menjadi lebih segar dengan asupan2 vitamin C.

Dilarang membawa minuman alkohol, suplemen penambah tenaga yang tidak ada ijin BPOM nya, ganja, dan obat-obatan terlarang.
Bijak-bijaklah mengatur konsumsi, agar pendakian terasa sangat menyenangkan. Mendaki itu melelahkan, jadi jangan sampai Anda tersiksa pada saat makan karena kurang enak.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes