July 9, 2012

Aturan Karbohidrat di Malam Hari

Konsumsi karbohidrat hendaknya dikurangi ketika waktu telah menjelang malam. Artinya tidak ada nasi, roti, pasta, kentang, atau sereal setelah jam 5 sore untuk makan malam. Idealnya karbohidrat dapat dikonsumsi pada saat sarapan, makan siang, atau camilan pada saat bekerja, namun tidak untuk makan malam. Namun demikian, itu bukan berarti Anda tidak diperbolehkan makan malam karena makan malam juga dibutuhkan oleh tubuh. Yang membedakan adalah kali ini makan malam Anda tidak full karbohidrat.


Solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi lainnya yang bisa mengenyangkan perut Anda. Diantaranya Anda bisa memilih mengkonsumsi daging tanpa lemak dan ikan, buah, sayuran, polong-polongan, olahan susu, dan lemak esensial.
Sebenarnya apa sih manfaat tidak mengkonsumsi karbohidrat ketika makan malam sampai perlu diatur sedemikian ketat?

  1. Membantu mendapat gizi yang seimbang. Saya hampir yakin Anda akan selalu mengkonsumsi karbohidrat dari pagi hingga malam jika tidak diatur, akibatnya sumber gizi lainnya seperti sayuran dan buah tidak akan terakomodir. Dengan adanya aturan ini, tubuh akan mendapat asupan vitamin dan mineral yang lebih baik.
  2. Membantu mengurangi kalori. Hal ini sudah pasti, karena kalori tidak akan menumpuk ketika Anda beristirahat pada malam hari. Dengan berkurangnya kalori, maka Anda tidak akan terlalu kepayahan untuk mengejar target diet yang telah ditetapkan.
  3. Mengurangi kembung makanan. Ketika karbohidrat dicerna, maka akan dipecah menjadi glukosa dan disimpan dalam bentuk glikogen dalam otot atau diubah menjadi lemak dan disimpan dalam sel-sel lemak. Tubuh cenderung menyimpan karbohidrat bertepung ini sebagai glikogen, yang harus diimbangi dengan konsumsi air. Akibatnya perut menjadi menggembung.

Apabila Anda mengalami ketakutan akan mengalami kelaparan ketika malam hari, itu cukup wajar pada masa awal latihan. Tapi saya meyakinkan bahwa itu hanyalah "perasaan" Anda semata. Ketika dalam 3 hari kedepan Anda baik-baik saja, maka kebiasaan yang membuat Anda addicted tersebut akan hilang dengan sendirinya. Jadi modal awal yang harus Anda miliki adalah komitmen untuk memulainya dan keberanian untuk menjaganya. Kalau kata salah satu apparel olahraga, "just do it".

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes