July 11, 2012

Leci, si tinggi kalium untuk diet

Leci merupakan buah dengan rasa manis dan sedikit asem yang berasal dari Cina.
Tahukah Anda bahwa kandungan air yang berada pada leci itu cukup tinggi, sekitar 77-83 persen.
Tahukah Anda bahwa kadar energi dalam buah mungil ini juga lumayan, mencapai 66 kkal per 100 gram.


Nah apa saja sih kandungan unggulan yang bermanfaat di dalam buah merah ini? Bahkan buah ini sangat bagus dalam program diet.
1.  Sukrosa dan Glukosa
Leci mengandung sukrosa dan glukosa melimpah, sehingga mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah canfangan energi untuk keesokan harinya. Kandungan gula yang terkandung pada leci sangat bervariasi tergantung dari varietas, tetapi umumnya mencapai 10-13 persen.
2.  Kadar lemak yang rendah
Kadar lemak pada bual leci sangat rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi semua kelompok usia, termasuk juga bagi yang sedang berdiet untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut membatasi jumlah leci yang dikonsumsi.
3.  Vitamin C
Vitamin yang paling banyak terkandung dalam leci adalah vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gram daging buah. Vitamin C berguna sebagai antioksidan alami yang sangat berguna bagi tubuh untuk melawan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker.
4.  Kalsium, Fosfor, dan Magnesium
Ketiganya merupakan mineral yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan kerangka tubuh, sehingga dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa untuk menghindari osteoporosis

Leci sendiri sangat bagus untuk mengembalikan kesegaran tubuh yang terkuras. Selain itu dapat digunakan untuk membantu perkembangan sel darah merah. Cara konsumsi buah leci cukup mudah, buah leci dapat dikonsumsi langsung karena rasanya yang mampu memberi kesegaran atau diolah menjadi berbagai minuman dan makanan. Anda bisa menggunakan blender dan menyajikannya dengan makanan lain.  Olahan leci dapat berbentuk jus leci, cake yang dicampur leci, dan makanan lainnya yang sering disajikan dalam pesta. Di Indonesia sendiri konsumsi leci secara langsung masih belum menjadi kebiasaan, karena biasanya diolah terlebih dahulu.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes