July 23, 2012

Tetap Sehat selama Puasa

Menjaga kesehatan tubuh ketika berpuasa sangat penting agar bisa beribadah dan beraktivitas secara optimal. Untuk itu Anda harus pandai mengatur waktu dan kegiatan sehingga fisik badan tetap terjaga. Untuk itu ensipedia memberi tips sehat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kondisi selama berpuasa.
1.  Sahur
Sahur itu penting, dan dianjurkan ketika Anda berpuasa. Disarankan mengkonsumsi buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mencukupi asupan karbohidrat sehingga dapat bertahan hingga waktu berbuka puasa tiba. Sangat baik jika Anda melaksanakan sahur mendekati saat imsak.
2.  Minum
Minumlah secukupnya untuk menghindari dehidrasi. Ketika berbuka puasa, disarankan untuk meminum yang manis sehingga dapat mengembalikan energi. Disarankan meminum dalam jumlah yang cukup ketika sahur, karena perlu diingat kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.
3.  Perhatikan makanan
Konsumsi makanan yang sehat. Jangan terlalu berlebihan ketika melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Memakan kurma sangat dianjurkan karena dapat mengisi ulang energi dengan cepat. Tiga butir kurma cukup sebagai pembuka saat berbuka. Ingat, jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.
Jangan makan terlalu banyak. Buka puasa juga merupakan salah satu pengendalian hawa nafsu, jadi jangan lakukan balas dendam dengan makan berlebihan.
4.  Olahraga
Olahraga tetap perlu dilakukan untuk menjaga kelancaran peredaran darat sehingga stamina tubuh terjaga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Namun pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki.
5.  Gunakan pelindung kepala
Seandainya Anda adalah pekerja dengan kegiatan di luar lapangan, disarankan untuk mengenakan pelindung kepala. Dengan menggunakan pelindung kepala, berarti Anda sudah melindungi tubuh dari terkena sinar matahari langsung, dan menjaga cepat berkurangnya cairan tubuh.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes