November 28, 2012

Serba-serbi Kesehatan Kuku

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda memiliki cukup waktu untuk merawat kuku Anda. Mungkin Anda mengklip mereka sesekali untuk menghabiskan waktu, atau mungkin Anda memiliki janji untuk melakukan manicure-pedicure di salon kuku yang terdapat di lingkungan Anda. Atau mungkin Anda malah tidak menganggap kuku Anda sebagai bagian besar dari kesehatan Anda jika dilihat secara keseluruhan.

Anda mungkin terkejut, kemudian, menyadari bahwa kondisi kuku dapat menunjukkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Kuku berbentuk sendok misalnya, dapat menunjukkan anemia (penyakit kekurangan zat besi). Penyakit hati kronis dapat ditunjukkan karena mengubah kuku Anda benar-benar putih. Rheumatoid arthritis, bronkitis kronis, penyakit jantung bawaan - segala macam penyakit dapat mengubah penampilan kuku Anda. Tentu saja, tidak semua masalah memiliki perubahan sinyal pada kuku. Munculnya pegunungan vertikal di kuku Anda, misalnya, merupakan konsekuensi penuaan alami dan tidak berbahaya .

Kuku yang menjadi kuning merupakan masalah yang unik. Karena disebabkan oleh beberapa alasan yang berbeda, ada yang tidak berbahaya dan beberapa lainnya dapat menimbulkan masalah yang sangat serius.

Ini dia beberapa hal yang bisa menyebabkan kuku berwarna kuning, seperti dilansir oleh Times of India (14/08).

1. Jamur
Jamur yang tumbuh di bawah kuku akan mengubah warna kuku Anda. Kuku yang menguning karena infeksi jamur akan menjadi kering dan perlahan mengeluarkan bau tak sedap. Bau busuk ini disebabkan oleh jamur yang merusak komponen kuku. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat anti jamur yang diberikan oleh dokter.

2. Merokok
Merokok memang berdampak pada banyak bagian tubuh Anda, termasuk kuku. Selain menyebabkan masalah kesehatan serius, merokok juga membuat kuku berwarna kuning. Karena itulah, Anda perlu berpikir seribu kali untuk kembali merokok.

3. Selalu memakai cat kuku
Bingung kenapa kuku yang sering mendapatkan manikur da n pedikur secara teratur justru berubah warna menjadi kekuningan? Mungkin cat kuku yang selalu Anda pakai adalah penyebabnya. Penggunaan pembersih cat kuku yang berlebihan akan menghilangkan oksigen yang dibutuhkan kuku untuk mempertahankan warna alami mereka. Tak ada salahnya melakukan manikur dan pedikur tapi luangkan juga waktu bagi kuku untuk bernafas.


0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes