July 12, 2012

Buah yang Menjadi Musuh Kanker

Kanker terkenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan bisa menyerang siapa saja. Tulisan ini saya dedikasikan untuk sahabat, rekan, dan orang tercinta yang sedang berjuang melawan kangker jahat. Tolong pembaca ikut mendoakan ya.


Kanker banyak macamnya, mulai dari kanker kulit, kanker rahim, kanker payudara, dan lain sebagainya. Begitu pula penyebabnya beraneka ragam. Disini saya tidak membahas mengenai kanker secara spesifik, karena saya akan berbagi mengenai khasiat buah-buahan yang bisa digunakan untuk melawan kanker.
1.  Duku (Lansium domesticum Corr.)
Buah khas dari Asia Tenggara, dan banyak dihasilkan di Filipina, Malaysia, dan Indonesia memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daripada jeruk manis ataupun apel. Duku bermanfaat untuk membantu kelancaran sistem pencernaan, pencegahan kanker kolon, dan mengurai dampak dari kanker kolon akibat radikal bebas.
2.  Jambu Biji (Psidium Guajava)
Jambu biji mengandung zat gizi yang sangat tinggi, terdiri dari vitamin C, kalium, dan zat besi. Selain itu jambu biji juga kaya akan serat pangan, senyawa karotenoid, polifenol dan flavonoid. Dari beberapa hasil penelitian, jambu biji termasuk ke dalam buah-buahan dengan kandungan flavonoid yang tinggi. Senyawa ini memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, antivirus, dan antikanker.
3.  Nanas (Ananas comosus )
Nanas merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia dan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Dalam sebuah penelitian terlihat bahwa nanas memiliki dua komponen yang sangat berperan sebagai antitumor yaitu CCS dan CCZ. CCS bermanfaat untuk mereduksi 30 persen kanker dan CCZ dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan mengeliminasi sel kanker.
4.  Strawberi
Buah berwarna merah, lucu, dan sering tampil dalam pesta terdapat dalam definisi strawberi. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam strawberi lebih tinggi daripada jeruk dan bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker saluran pencernaan. Asam ellagic yang terkandung dalam strawberi memiliki kemampuan untuk menjadi antikarsinogen dan antimutagen. Senyawa karsinogen dapat memicu timbulnya kanker, sehingga dengan mengkonsumsi buah ini dapat melawan risiko terkena kanker.

Selain keempat buah diatas konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang bergizi tinggi secara teratur, tidak hanya untuk diet Anda melainkan jauh lebih penting untuk kesehatan. Jika bukan Anda yang menjaga diri, lantas siapa lagi?

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes