July 13, 2012

Melawan Rambut Rontok secara Alami

Rambut rontok menjadi masalah yang mengerikan bagi sebagian orang terlebih bagi mereka yang sudah memasuki usia dewasa keatas (30 tahun plus plus). Gejala kerontokan bisa mulai terlihat ketika Anda melihat sekeliling ketika bangun tidur dan menemukan beberapa rambut mulai berserakan. Beberapa gejala yang bisa dilihat secara langsung dapat berupa pengguguran, penipisan, dan surutnya rambut.
Sebelum membahas mengenai cara untuk melawan rambut rontok, ada baiknya untuk mengetahui penyebab rambut rontok.
  • Anemia. Kekurangan zat besi yang diperlukan oleh tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel bagi rambut.
  • Kebiasaan buruk. Menggunakan sisir yang terlalu rapat, jarang membersihkan rambut merupakan contoh kebiasaan buruk yang bisa mempercepat kerontokan rambut indah Anda.
  • Stres. Tanpa disadari, tingkat stres yang terlampau tinggi juga bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Hal ini menyebabkan folikel rambut mudah terserang sel darah putih, dan kerontokan akan terjadi beberapa minggu berikutnya.
  • Genetik. Faktor keturunan atau genetik juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang terjadi secara alamiah.
Rambut yang mudah rontok dapat diatasi dengan perawatan yang tepat secara tepat. Saat ini banyak terdapat produk-produk kecantikan yang menawarkan solusi mengenai rambut rontok. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa produk mereka berasal dari sumber alami. Tidak salah memang menggunakan beraneka ragam produk tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik, namun alangkah baiknya apabila kita mengetahui cara penanganan rambut rontok alamiah yang murni dan belum melalui proses industrialisasi.
1.  Konsumsi Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan rambut. Konsumsilah buah-buahan dan makanan lainnya yang mengandung kadar vitamin C tinggi seperti pir dan apel.
2.  Redam Stres
Kurangi kegiatan yang mampu membuat Anda stres berat, seperti terlalu banyak memikirkan pekerjaan kantor dan sejenisnya. Sebisa mungkin harus dapat berpikir positif untuk menghadapi masalah. Untuk tipsnya bisa Anda lihat disini.
3.  Biarkan rambut tergerai
Hendaknya menghindari jepitan, terutama yang berasal dari karet karena mudah membuat rambut tersangkut. Biarkan rambut bergerak secara bebas dan tergerai alamiah.
4.  Hindari air panas
Dihimbau untuk mandi dengan menggunakan air dingin atau sedikit hangat (hangat kuku), dan jangan gunakan air panas. Air panas dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.
5.  Gunakan sisir bergigi jarang
Fungsi utama sisir hanyalah untuk merapikan rambut, jadi jangan gunakan sisir dengan gigi yang terlalu rapat karena dapat mempermudah kerontokan rambut indah Anda.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes