July 13, 2012

Makanlah Hidangan Berwarna - warni

Salah satu ungkapan yang perlu dibudayakan di Indonesia untuk hidup lebih sehat adalah, "sajikan dan konsumsi hidangan  yang berwarna-warni". Untuk mendapatkan hasil yang optimal bagi tubuh, beberapa ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan beraneka ragam warna. Ada suatu ungkapan lain yang berbunyi, "eat your color every day to stay healthy and fit".
Konsep "warna" disini merupakan anjuran untuk mengkonsumsi buah-buahan dengan beraneka ragam warna, seperti merah, kuning, jingga, hijau, biru, ungu, dan lain sebagainya. Warna tersebut berasal dari pigmen dan bermanfaat tidak hanya bagi tumbuhan, melainkan juga melindungi manusia dari berbagai macam penyakit serius seperti kanker, jantung, gangguan penglihatan, dll.


Warna yang terkandung dalam buah tidak hanya menggugah selera kita, namun juga memberi manfaat yang sangat berlimpah ruah. Perbedaan warna menunjukkan bahwa kandungan zat gizi dan senyawa fitokimia di dalamnya berbeda-beda. Logikanya, semakin banyak warna yang dikonsumsi berarti semakin banyak pula variasi gizi yang diasup oleh tubuh.
Dibandingkan bahan pangan lainnya, buah memiliki keunggulan khusus yakni mengandung kadar air, vitamin, minera, dan serat pangan tinggi, namun memiliki energi, lemak, dan karbohidrat dengan tingkat yang relatif rendah. Selain itu, buah juga kaya akan zat gizi dan zat non gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Oleh karena itu, mulai lah dari sekarang untuk rajin mengkonsumsi buah-buahan. Nah dalam memilih buah, ada beberapa tips yang bisa digunakan sebagai referensi Anda.

  • Pilihlah buah yang dalam kondisi masak dan utuh, karena akan memberi rasa yang lebih segar.
  • Perhatikan kondisi kulit buah, jangan mengambil yang telah keriput.
  • Untuk beberapa jenis buah, cium lah bau nya. Jangan memilih buah yang berbau terlalu menyengat, tapi pilihlah yang berbau harum.
  • Warna buahnya pastikan padat.
  • Dan belilah buah pada musimnya, karena selain lebih mudah dicari tentu lebih murah.
  • Saat mengkonsumsi, dahulukan sebelum makan berat.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes